Laman

Senin, Agustus 27, 2012

Apakah perbedaan Mani dan Madzi?

Tertarik juga membahas masalah ini, karena keduanya memiliki hukum yang berbeda secara agama. Mani tidak najis tetapi madzi najis yang mukhafaffah (ringan). Lalu sebenarnya apa yang membedakan antara mani dan madzi secara fisik dan sifat keluarnya?

Madzi cairan bening, tidak berbau sedang mani putih keruh, berbau khas
Madzi keluar jika seorang pria nafsu seksualnya meningkat atau terangsang. Misalnya ketika sedang googling tidak sengaja ketemu gambar "ehem". Pada usia pubertas, usia remaja belasan tahun, madzi biasanya sangat mudah keluar. Mendengar cerita teman yang menyerempet porno atau hanya membaca buku biologi tentang organ reproduksi sudah membangkitkan nafsu seksual. Penis menjadi menegang (ereksi) dan mengeluarkan cairan bening. Bila rangsangan menjadi cukup besar maka terjadilah kontraksi otot saluran reproduksi yang disertai dengan keluarnya cairan warna putih keruh atau kekuningan yang berbau khas (seperti akasia). Nah cairan inilah yang disebut mani.



Madzi menetes, tidak memancar, tidak ada rasa nikmat sedang mani sebaliknya
Madzi berupa cairan bening seperti pada gambar diatas keluar seperti menetes atau mengalir dari lubang kencing. Tidak ada rasa nikmat ketika cairan ini mengalir keluar. Berbeda dengan madzi, jika rangsangan berlangsuing terus cairan mani akan keluar dengan memancar atau menyemprot (ejakulasi). Hal ini terjadi karena terdapat kontraksi otot-otot saluran reproduksi yang ritmis. Kontraksi tersebut dikenal sebagai denyutan yang nikmat (orgasme) sehingga ejakulasi biasanya disertai rasa nikmat yang memuncak atau ejakulasi bersamaan denga orgasme.

Keluarnya madzi tidak menyebabkan lemas, keluarnya mani menyebabkan lemas (capek)
Jika melihat fase rangsangan seksual pria maka cairan madzi keluar pada tahap pria terangsang (excitement dan plateu). Sedangkan mani keluar pada tahap puncak kenikmatan (orgasme). Setelah orgasme yang disertai dengan ejakulasi atau keluarnya mani, organ genital akan melemas kembali ke ukuran semula (fase resolusi) dan tubuh pria juga biasanya ikut lemas (capek).

Madzi adalah cairan bulbouretral (Cowper's Gland) sedang mani adalah cairan semen
Madzi merupakan hasil sekresi kelenjar bulburetralis yang diproduksi ketika terdapat rangsangan. Cairan ini berfungsi membersihkan uretra dari sisa air seni dan sebagai pelumas. Mani atau cairan semen merupakan gabungan dari sekresi kelenjar bulbouretralis (1-2%), kelenjar seminalis (60%) dan kelenjar prostat (30%), serta sel sperma dari testis (10%).

Sumber: muslim.or.id, konsultasisyariah.com

26 komentar:

  1. May tanya saya kelas 2 smp kenapa belum pernah keluar sperma ya? :( jadi takut kalo kelainan jawabannya di tunggu

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasi nya, nmabah pengetahuan saya, hehe

    BalasHapus
  3. Mas saya Umur 14 tahun kls 3 smp panjang penis 8 cm saat lemas dan 11 cm saat ereksi dan diameter 24 mm (tahu saat sunat) setiap sy onani keluar sperma, rambut pubis ada tp ukuran penisnya apakah normal ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti keperjakaan lo lepas sama tangan dong?

      Hapus
  4. yuk berkunjung ke blogku, banyak tentang kesehatan seksualnya...

    BalasHapus
  5. Saat berolahraga keras saya sering keluar madzi dan itu bekasnya menempel di celana dalamku. Untuk itu saya sedia celana dalam yang lumayan banyak. Dan saya suka ganti celana dalam. Terutama jika mau sholat harus dipastikan celana dalam bebas dari madzi karena madzi adalah najis ringan. Saya ingin sholatnya sah dan diterima. Aamiin.

    BalasHapus
  6. Saya memakai celana dalam merek Pierre Cardin dan Monotone sering keluar madzi. Kalau yang merek Scorlines dan Crocodile selangkangan kananku jadi nyeri. Pakai GT man terasa kebesaran. Kalau pakai Rider adem bener. Nyaman dan pas sesuai ukuran tubuh lelaki Indonesia kalau Rider.

    BalasHapus
  7. Madzi keluar atau menetes saat sedang berpikir/berfantasi ria mengenai sex... sex...sex... and sex, keluar jika gw terangsang berat apalagi ketika melihat adegan panas di film "perang" tombak & tameng.

    BalasHapus
  8. umur saya 11 tahun saya sering onani akan tetapi setiap saya onani keluar cairan berwarna bening kusam itu madzi atau mani di tunggu jawabanya

    BalasHapus
  9. Apakah ketika keluar madzi kita harus diwajibkan mandi saat kita ingin melaksanakan shalat sedangkan cairan tersebut keluar secara tidak sengaja?

    BalasHapus
  10. Klo yang keluar berupa cairan putih,nggk bening,banyak ,nggk memancar,keluarnya dipaksa.lha apakah itu mani?

    BalasHapus