Laman

Senin, Januari 02, 2012

Pesan Moral dan Kesehatan dalam Film Contagion (2011)

Film Contagion (2011) adalah film yang penuh dengan pesan moral dan kesehatan. Apa yang terjadi di film ini bukan diangkat dari kisah nyata tapi sangat mungkin terjadi. Intinya, film ini menceritakan mengenai suatu penyakit infeksi baru yang disebabkan oleh virus hasil mutasi gabungan, komponen DNA kelelawar dan babi. Gawatnya virus ini sangat mudah menular Virus dapat menular melalui kontak langsung atau seseorang terkena benda-benda yang tercemar virus. Hal ini menimbulkan kepanikan di seluruh dunia. Sekilas mengingatkan tentang Flu Burung (H5N1) dan SARS yang menghebohkan dan semepet juga disinggung dalam adegan di film ini.



Secara alur cerita, film Contagion sebenarnya kurang banyak "peak"-nya. Kadang terasa monoton dengan alur yang mudah ditebak khas film hollywood (happy ending dan amerika jadi superhero). Akan tetapi akting para pemain bintang (Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law etc) sangat meyakinkan dan dengan porsi setara. Sebagai orang yang peduli kesehatan, susah untuk beranjak ketika menonton film ini karena juga menantang secara untelektual (agar bisa paham istilah-istilahnya T.T) Beberapa pesan dan pelajaran yang dapat diambil setelah menonton film ini adalah:

1. Jagalah kebersihan
Selalu mencuci tangan sebelum makan. Hal ini merupakan langkah meminimalisasi penularan penyakit melalui makanan. Memasak makanan juga harus matang. Sumber penyakit tersebar di sekitar kita, baik virus, bakteri, jamur atau cacing.  Infeksi agen penyakit tersebut dapat menyebabkan diare, hepatitis, leptospirosis dan lain sebagainya. Di Yogyakarta pernah ada kejadian luar biasa penyakit hepatitis A. Diduga penularan melalui makan makanan di warung pinggir jalan yang kurang higenis. Kalau di film karena virus ganas, jadi harus lebih ketat. Pesan kesehatan berupa "jangan sentuh apapun dan jangan bicara dengan siapapun" terutama di tempat epidemi virus. So, jangan bersin di wajah orang lain!!! Tidak Boleh!!

2. Everbody can be a hero
Karakter dalam film itu tidak punya kemampuan super kaya seperti batman dan super alay seperti spiderman. Bukan juga seperti vampir khayalan yang malah blink-blink kalo terkena sinar matahari. Beberapa karakter biasa dalam film ini menjadi pahlawan dengan kemampuan dan caranya masing-masing. Seorang peneliti, seorang pejabat lab, seorang ayah atau siapapun berpotensi menjadi pahlawan. "Everybody can be a hero".  Dan suerrr ini lebih mengharukan daripada superman yang ga kuat ngangkat pesawat terbang. Terutama adegan Kate Winslet pas tiduran T.T..

3. Makanlah makanan yang baik dan halal
Kebetulan penyebab penyakit dalam film ini adalah virus yang bermutasi, tersisipi DNA kelelawar dan babi, membentuk strain baru yang menyerang DNA manusia. Kebetulan pula hewan-hewan tadi nggak halal kan? (so what? agak maksa menghubungkannya ya hehe...). Kalo gak salah DNA hewan yang paling mendekati DNA manusia adalah DNA babi, jadi sangat mungkin,  mutasi virus yang menyerang babi akan lebih mudah cross link dengan DNA manusia daripada jika virus menyerang hewan lain. Iya ga sih CMIW...



Film ini cukup membuat berpikir, gemes dan juga tambah takut dengan yang namanya virus. Film bagus adalah film yang berefek positif bagi penontonnya. Lalu apakah ini film bagus atau hanya hiperbolis dan membuang waktu saja? Reviewer film (yang tentu lebih ahli menilai) ada yang menyatakan bahwa film hanyalah gambaran paranoid amerika terhadap virus china. Atau hanya propaganda agar orang makin percaya vaksin dan akhirnya pabrik vaksin mengeruk uang banyak. Tapi bagi saya tetap saja ada banyak pesan moral dan kesehatan yang tersampaikan oleh film ini :D.

link: IMDB Film Contagion 2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar