Laman

Jumat, April 06, 2012

Peran Hormon dalam Siklus Menstruasi

Pada wanita usia reproduksi terjadi siklus menstruasi oleh aktifnya aksis hipothalamus-hipofisis-ovarium. Hipothalamus menghasilkan hormon GnRH (gonadotropin releasing hormone) yang menstimulasi hipofisis mensekresi hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (lutinuezing hormone). FSH dan LH menyebabkan serangkaian proses di ovarium sehingga terjadi sekresi hormon estrogen dan progesteron.



Mekanisme umpan balik positif dan negatif aksis hipothalamus hipofisis ovarium
Tingginya kadar FSH dan LH akan menghambat sekresi hormon GnRH oleh hipothalamus. Sedangkan peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapat menstimulasi (positif feedback, pada fase folikuler) maupun menghambat (inhibitory/negatif feedback, pada saat fase luteal) sekresi FSH dan LH di hipofisis atau GnRH di hipothalamus



Perubahan kadar hormon saat siklus menstruasi
Proses di dalam ovarium bertanggungjawab terhadap naik turunnya kadar hormon yang memicu ovulasi dan perubahan endometrium. Proses siklik di ovarium disebut siklus ovarium yang terdiri dari fase folikular dan fase luteal.



Pada awal fase folikuler terjadi umpan balik negatif estrogen
Pada awal fase folikular, sekresi pulsatil GnRH semakin meningkat frekuensinya dan ini memicu peningkatan LH dan FSH yang akan berperan dalam perkembangan folikel di ovarium. Sementara itu, seiring perkembangan folikel karena pengaruh FSH, estrogen semakin banyak diproduksi sedangkan progesteron masih rendah. Makin tinggi kadar estrogen akan semakin menekan sekresi FSH dan LH (umpan balik negatif/negative feedback). Akibatnya, walaupun frekuensi pulsatil GnRH meningkat namun umpan balik negatif estrogen menyebabkan hasil akhir berupa stabilisasi atau sedikit penurunan kadar FSH dan LH (yang sebelumnya di awal fase folikuler meningkat)

Umpan balik positif estrogen memicu LH surge sehingga terjadi ovulasi
Umpan balik negatif peningkatan kadar estrogen pada fase luteal tidak berlangsung terus menerus. Peningkatan yang tinggi dampai titik tertentu tidak berefek menghambat namun malah akan menstimulasi peningkatan sekresi FSH dan LH yang tiba-tiba (LH surge). Ternyata peningkatan LH tiba-tiba ini akan dan menyebabkan pecahnya folikel sehingga terjadi ovulasi (keluarnya ovum dari ovarium).



Pada fase luteal terjadi umpan balik negatif progesteron dan estrogen
Folikel yang ditinggalkan ovum akan berkembang menjadi corpus luteum yang mensekresi progesteron sehingga kadarnya meningkat. Hormon estrogen yang sempat menurun setelah ovulasi, kadarnya akan meningkat lagi karena corpus luteum juga menghasilkan estrogen. Berbeda dengan saat fase folikuler akhir, pada fase luteal ini tingginya kadar estrogen menghambat hypothalamus dan hipofisis sehingga frekuensi pulsatil GnRH dan kadar FSH/LH menjadi rendah (umpan balik negatif/negative feedback). Usia corpus luteum adalah 12 hari kemudian masuk proses degenerasi, akibatnya pada hari ke 14 kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. Rendahnya kadar estrogen dan progesteron akan menstimulasi peningkatan frekuensi pulsatil GnRH dan sekresi FSH/LH. Fase siklus ovulasi kemudaian masuk ke fase folikuler lagi.


3 komentar: