Laman

Jumat, April 06, 2012

Orchidometer: Mengetahui Ukuran Testis Normal

Ukuran testis berpengaruh terhadap fungsi testis yaitu pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon testosteron (steroidogenesis). Pada usia transisi dari anak menuju dewasa yaitu masa pubertas terjadi pertambahan ukuran testis. Walaupun pada masing masing ras berbeda, secara umum ukuran dewasa dari testis dalam volume adalah lebih dari 15 ml.



Cara Pengukuran Testis dengan Orchidometer
Ukuran testis bisa diketahui dengan suatu alat yang disebut orchidometer. Orchidometer adalah tiruan testis yang sudah diketahui volumenya. Seperti gambar di atas seorang anak yang mengalami pubertas akan mengalami pertambahan ukuran testis secara bertahap.



Cara pengukuran testis dengan penggaris
Untuk metode ini perlu ketelitian dalam cara pengukuran panjang dan lebar. Kalau mau lebih tepat bisa dengan ultrasonografi testis. Namun perkiraan kasar secara manual dengan penggaaris biasa juga bisa. Ukuran normal dewasa dari suatu referensi yaitu panjang 3-5 cm dan lebar 2-3 cm.



Kondisi testis kecil
Kondisi testis yang lebih kecil dari normal (tentu saja disesuaikan dengan usia) mungki terjadi pada kondisi hipogonadisme, pengecilan testis karena usia lanjut dan penggunaan steroid (atrofi testis). Penyakit seperti varicocele ternyata juga dapat mengurangi ukuran testis.

Kondisi testis besar
Testis bisa tampak lebih besar mungkin adalah kondisi normal karena faktor genetik/keturunan (makrotestis). Bisa juga mengalami penyakit tertentu seperti hydrocele (penumpukan cairan di jaringan sekitar testis) atau orchitis (peradangan testis).

sumber: sonoguide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar