Laman

Jumat, April 06, 2012

My Experience: Makanan yang mengatasi insomnia

Beberapa kali saya makan 2-3 buah jagung rebus dan pasti kurang dari setengan jam kemudian jatuh tertidur. Bener-bener nyenyak samapi kadang kesiangan. Selain jagung rebus, makanan yang membuat saya mudah sekali tidur adalah kacang hijau yang direbus dengan 3 potongan kayu manis (cinnamon) plus madu sebagai pemanis. Sebenarnya itu suatu kebetulan, atau memang kandungan zat yang membuat ngantuk?

Jagung mengandung banyak triptofan yang mengatasi insomnia
Triptofan merupakan asam amino yang akan berubah menjadi serotonin dan kemudian metionin. Kedua substansi yang termasuk neurotransmiter di kelenjar pineal ini berpengaruh terhadap pengaturan mood dan siklus tidur. Gangguan atau berkurangnya kadar serotonin dan metionin menjadi salah satu penyebab timbulnya insomnia. Nah senakin banyak triptofan yang dikonsumsi maka semakin tinggi kadar serotonin dan metionin, akibatnya mood akan tenang dan mudah jatuh tertidur. Sebenarnya sumber makanan tinggi triptofan selain jagung adalah susu, keju, telur dan ikan. Tetapi yang paling berefek terhadap saya sepertinya adalah jagung rebus :D.

Kayu manis dan madu berefek menenangkan dan kantuk
Kayu manis (cinnamon) ternyata juga digunakan untuk mengatasi insomnia. Walaupun saya belum menemukan zat apa yang bertanggungjawab tetapi sudah membuktikan sendiri kemanjurannya. Selain kayu manis dan madu, ternyata banyak rempah-rempah yang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia.

Hmm...

sumber: Insomnia.net, home remedi

1 komentar:

  1. Sudah saya coba juga gan, rebusan kayu manis bisa ditambah jahe dan sedikit gula agar lebih nikmat. Hmm ane penderita insomnia kelas super berat jadi lebih mudah tidur. Thaks God

    BalasHapus