Laman

Rabu, Maret 30, 2011

Pertolongan Pertama pada Radang Tenggorokan




Radang tenggorok merupakan salah satu penyakit yang luar biasa biasa terjadi. Radang atau inflamasi di tenggorokan secara medis disebut Faringitis atau Laringitis. Kalau amandel atau tonsil juga sudah meradang disebut pula Tonsilitis. Kalau semua-muanya terkena ya Tonsilofaringolaringitis. Komplit dah...

Gejala awal pradangan atau inflamasi secara umum adalah kemerahan (rubor), panas (kalor), nyeri (dolor), pembengkakan (tumor) dan gangguan fungsi (fungsiolesa). Tergantung dimana tempat terjadi peradangan. Kalau di tenggorokan bisa nyeri menelan, kemerahan, rasa ngganjel atau susah menelan, serak atau batuk-batuk. Kalau merasakan hal ini terjadi kemungkinan tenggorok terjadi radang.



Penyebab radang tenggorok bisa bermacam-macam. Bisa karena iritasi makanan yang iritan misalnya emping, gorengan yang minyaknya ndak bagus dsb lalu berlanjut ke infeksi. Bisa juga karna memang dari awal ada infeksi virus atau bakteri. Seringkali awalnya pilek dulu, lendir dari hidung yang bervirus atau bakteri mengalir ke tenggorok. Kalau sistem pertahanan tenggorok kalah akhirnya jadi radang tenggorok.


Pertolongan pertama pada prinsipnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh virus atau bakteri. Bagaimana caranya?

1. Meningkatkan Perisai Diri
Tubuh punya pasukan yang mencegah penyakit. Pasukan ini bagus atau tidak kerjanya juga tergantung kondisi tubuh. Daya tahan tubuh bisa turun kalau kurang makanan bergizi, kecapekan plus kurang istirahat. Untuk itu kalau sudah merasa-rasa ada yang tidak beres dengan tenggorok maka makanlah lebih bergizi dan beristirahatlah lebih banyak. Biarkan tubuh maksimal menghalau penyakit yang menyerang. (Ingin tahu sistem pertahanan tubuh lebih detail? klik disini dan klik yang ini)



2. Membunuhi Sang Penyerang
Bantulah tubuh dengan membunuh bakteri dan virus di tenggorok. Sepanjang radang masih lokal, yang dibutuhkan hanyalah pembunuh lokal saja. Misalnya dengan berkumur-kumur dengan mouthwash yang mengandung anti septik 3 kali sehari atau terutama sebelum dan sesudah tidur. Mengapa? Karena saat tiduran kita jarang menelan ludah yang juga mengandung anti bakteri. Alhasil virus atau bakteri tumbuh lebih leluasa saat itu. So kadang tenggorok malah makin sakit setelah posisi tiduran.


Atau kalau mau lebih tradisional, dapat juga berkumur dengan air rebusan daun sirih yang juga mengandung antiseptik.


http://hubpages.com/hub/Gargling-Therapy
http://essential-oils.most-effective-solution.com/chamomile-sore-throat-gargle/
http://www.fortunecity.com/meltingpot/yemen/762/project/sorethroat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar