Laman

Kamis, Januari 27, 2011

Berdirilah dengan benar!




Apakah sering nyeri tengkuk? apakah sering pegal dan nyeri di punggung? Hmm... cobalah bercermin dan lihat bagaimana posisi anda berdiri. Sudah benarkah posisi anda berdiri? jika belum, bisa jadi keluhan kesehatan yang berulang tersebut berhubungan dengan posisi tubuh yang salah.



Tubuh terdiri dari otot dan rangka yang berperan dalam menyokong tubuh saat diam maupun bergerak. Ya, otot-otot berkontraksi tidak hanya pada saat manusia bekerja mengangkat sesuatu, berjalan atau tengok kanan-kiri. Pada saat berdiri atau duduk diam ada otot-otot yang berkontraksi agar posisi tubuh stabil. Otot-otot ini dikendalikan oleh otak sadar. Saat kesadaran menurun, misal pingsan, biasanya manusia tiba-tiba terkulai atau jatuh. Tentu saja, karena tidak ada yang memerintah otot berkontraksi mempertahankan posisi tubuh.

Posisi berdiri yang salah mengakibatkan ketidakseimbangan kerja otot. Beberapa bagian otot akan bekerja berlebihan. Kontraksi yang berlebihan menyebabkan berbagai keluhan seperti nyeri otot punggung, nyeri tengkuk dan nyeri kepala. Posisi tubuh yang tidak tepat dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan perubahan struktur tulang belakang (deformitas) atau kelainan tulang yang permanen. Kelainan tulang bisa menekan saraf sehingga menimbulkan nyeri. Jadi nyeri yang timbul dari posisi berdiri yang tidak benar bisa berasal dari otot, tulang maupun syaraf yang teriritasi/terkompresi.

Selain menimbulkan masalah kesehatan, secara estetik posisi tubuh yang tidak benar juga mengurangi keindahan. Walaupun kadang tertutupi oleh style dan aksesori tubuh yang "gaul".


Pertanyaan:
a. Apa yang menyebabkan posisi tubuh saat berdiri tidak benar?
b. Apa saja problem kesehatan yang dapat timbul?
c. Bagaimana cara memperbaikinya?

Ref:
http://myfitnesshut.blogspot.com/2008/03/your-posture-says-much-about-your.html
http://burkecleland.com/?p=174
http://www.torontochiropractor.ca/sitting-at-work.htm
http://www.csub.edu/bas/srm/EHS/properbodyp.shtml
http://ceep.crc.uiuc.edu/eecearchive/books/fte/appli/ubelacker.html
http://celestinechua.com/blog/benefits-of-having-a-good-posture-and-13-tips-to-getting-one/
http://drpinna.com/back-pain-and-posture-12370
http://www.hotonblog.com/posture-when-using-computer/
http://kirossage.com/id8.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar