Laman

Selasa, Juni 28, 2011

Persiapan fisik menghadapi bulan Ramadhan

Persiapan fisik? Ya sangat perlulah, agar dapat menjalani ibadah ramadhan dengan lebih segar dan optimal.

1. Membersihkan karang gigi (scalling)
Karang gigi merupakan plak yang termineralisasi. Karang gigi merupakan media tumbuh suburnya bakteri. Bila tidak dibersihkan akan mempermudah timbulnya bau mulut. Apalagi saat puasa dimana air ludah sedikit diproduksi, kita lebih jarang menelan ludah sehingga mulut mudah bau. Btw karena sudah mengeras, karang gigi ini ndak hilang hanya dengan menggosok gigi atau kumur-kumur dengan mouthwash. So tidak ada jalan lain kecuali "sowan" ke dokter gigi, minta tolong dibersihkan karang giginya. Ya menurutku cukup mahal sih... but worth it..


2. Berolahraga
Aktivitas ibadah siang malam di bulan Ramadahan mutlak butuh tubuh yang fit. Pada bulan puasa tentu saja olahraga tidak bisa seoptimal saat tidak puasa. So strategi yang bisa dilakukan adalah berolahraga sebelum bulan Ramadhan untuk meningkatkan status kebugaran tubuh. Saat bulan puasa harus dirancanakan olahraga seperti renang, lari dan sepeda sampai keringetan pilih deket-deket waktu berbuka biar tidak dehidrasi terlalu lama. Atau memilih melakukan olahraga malam hari yang ringan seperti senam, yoga, sepeda malem-malem keliling kota dsb.

3. Membersihkan kamar dan rumah
Kalo ini sih memnfaatkan momen saja. Biar gak gampang sakit harus menjaga kebersihan lingkungan dan diri. Jangan sampai pas bulan Ramadhan sakit ya...


http://www.intelligentdental.com/2010/09/07/how-to-avoid-scaling-and-root-planing-scam/
http://tsamsblog.blogspot.com/2011/05/scaling-bikin-linutapi-asyik-d.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar