Laman

Jumat, Februari 11, 2011

Tinea Pedis, Athlete's Foot, Kutu air dan Sirih


Tinea Pedis atau Athlete's foot atau kutu air adalah penyakit yang sama. Penyakit kulit karena jamur ini menyerang sela-sela jari kaki. Jamur, suka tumbuh di bagian tubuh yang lembab. Bila memakai sepatu kulit seharian atau atau kaki sering basah karena kehujanan maka jamur akan tambah subur. Biasanya juga menyerang seorang atlet, karena sela jari kaki juga lembab oleh keringat. Gejalanya yang mengganggu adalah bau yang tidak enak dan rasa gatal terutama saat berkeringat.

1. Pencegahan
Kaki harus senantiasa kering. Jangan memakai sepatu atau kaos kaki yang masih basah. Bila memakai sepatu kulit, yakinkan bahwa kaki sudah kering sebelum memakai sepatu. Sebaiknya memakai kaos kaki bersih yang menyerap keringat dan secara periodik melepas sepatu. Bila kaki sering basah misalnya mencuci, segera keringkan kaki selesai mencuci. Kebersihan kaki, sandal dan sepatu harus dijaga. Jangan berganti-ganti alas kaki dengan orang lain. Waspada penularan di kamar mandi umum atau tempat wudhu umum yang kurang bersih.



2. Obat anti jamur
Obat baik generik maupun paten sudah banyak tersedia. Misalnya adalah agen keratolitik yaitu yang mengikis lapisan kulit berupa asam salisilat atau golongan azole yang menghambat metabolisme jamur. Biasanya sudah mmbaik dengan obat luar yang dioles di tempat yang terserang.

3. Sirih obat murah
Banyak tanaman alami yang juga berperan sebagai antijamur. Salah satunya adalah daun sirih. Daun sirih cukup dilumatkan dengan tangan dan digosok-gosokkan ke sela jari yang terserang. Setelah 1-2 kali pemakaian biasanya daerah yang terserang berwarna kecoklatan lalu mengering dan sembuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar