Laman

Jumat, Mei 10, 2013

Cara Mencegah Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)

Nyeri punggung bawah atau low back pain sering disebut dengan nyeri boyok atau nyeri pinggang. Ternyata penyebab nyeri boyok adalah kebiasaan posisi tubuh yang salah. Nah berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan agar tidak terkena nyeri punggung bawah ini.

1. Posisi tubuh ketika  duduk dan menyetir
Bagi pelajar dan orang kantoran hal ini sering diabaikan. Hal yang sederhana ini jika berlangsung lama juga akan menyebabkan ketegangan pada otot dan sendi punggung bawah.Akibatnya akan timbul nyeri dan ketidaknyamanan.

2. Posisi tubuh ketika mengangkat barang dan tidur
Dua hal ini dapat menyebabkan cedera pada sendi tulang dan otot sekitar pinggang. Ketika mengangkat barang, usahakan tulang belakang tetap lurus dan ketika membawa barang, dekatkan dengan tubuh. Hal ini untuk menhindari pembebanan berlebihan di sendi dan otot sekitar tulang belakang. Ketika tidur selalu gunakan bantal yang disisipkan dibawah lutut atau leher.


Nah itulah tips sederhana untuk menghindari nyeri punggung bawah (low back pain). Simpel tetapi perlu kekonsistenan dalam melakukannya. Yang jelas, lebih baik mencegah daripada mengobati :D

7 komentar: