Laman

Kamis, Mei 09, 2013

Posisi Tidur Ketika Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)

Nyeri punggung bawah atau low back pain adalah jenis nyeri pada bagian pinggang belakang yang sering terjadi. Termasuk saya sendiri. Awalnya karena terlalu semangat sit-up agar perut rata, tapi malah timbul cedera otot pinggang dan jadi nyeri. Nyeri ini mudah kambuh setelah duduk dan tidur dalam posisi tertentu. Ya kata orang awam karena salah posisi tidur. So, saya berinisiatif mencari tahu posisi tidur yang baik bagi penderita nyeri pinggang kambuhan..



1. Posisi Terlentang 
Selipkan bantal di bawah lutut ketika tidur posisi terlentang. Hal ini untuk pertahankan kontur tulang belakang dan agar otot di punggung lebih rileks,

2. Posisi Miring
Selipkan bantal di antara kedua tungkai dan dikepala ketika tidur dengan posisi miring dengan lutut ditekuk. Tujuannya sama, agar otot-otot daerah pinggang tidak tegang.




3. Ketika Beranjak Bangun dari Posisi Tidur
Jangan beranjak bangun langsung dari posisi terlentang karena akan memperberat atau mencetuskan nyeri. Sebaiknya miring dahulu, kemudian dengan tangan menyangga berubah posisi jadi duduk. Setelah duduk beberapa waktu untuk memantapkan posisi pinggang kemudian baru berdiri. Hindari gerakan yang tiba-tiba dan memutar pinggang (bending).

Posisi tidur tersebut dapat mencegah atau mengurangi nyeri punggung bawah lho. Silahkan memilih antara posisi terlentang atau miring. Tips ini sudah saya coba dan cukup berhasil. Saya pribadi lebih nyaman tidur miring :D

4 komentar:

  1. Terimaksih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Tks infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Saya dah amalkan tidur lebih lena...peredaran darah lancar...

    BalasHapus
  4. Saya dah amalkan tidur lebih lena...peredaran darah lancar...

    BalasHapus