Laman

Senin, September 03, 2012

Arti Lirik Lagu Gangnam Style: Menyindir Obsesi Penampilan (Part 2)

Gangnam artinya bukan "horse" atau "kuda" tetapi adalah nama sebuah kota/distrik di Seoul, Korea Selatan. Gangnam terkenal sebagai kota makmur yang sangat "bergaya hidup mewah". Tempat ini terkenal sebagai tempat untuk "mereparasi" wajah dan tubuh agar tampil maksimal. Dari 300 tempat reparasi 90% berada di kota ini. Sudah jadi rahasia umum bahwa operasi plastik menjadi sangat populer dan biasa dilakukan orang korea untuk mengejar sebuah kesempurnaan penampilan, baik wanita atau para prianya. Apakah ini adea hubungannya dengan arti lirik lagunya?



Seperti lagu korea yang fenomenal lain, rasa penasaran membuat berusaha mencari translate arti lirik lagu Gangnam Style. Berikut ini beberapa cuplikan arti lirik lagu Gangnam Style dalam bahasa Inggris, dan berhasil membuat saya terkesan:

"A girl who looks quiet but plays when she plays
A girl who puts her hair down when the right time comes
A girl who covers herself but is more sexy than a girl who bares it all
A sensable girl like that"

"I’m a guy
A guy who seems calm but plays when he plays
A guy who goes completely crazy when the right time comes
A guy who has bulging ideas rather than muscles
That kind of guy"

Arti yang menyindir kenyataan di masyarakat korea, indonesia atau bahkan dunia. Saat ini orang cenderung mengutamakan penampilan fisik yang "dipaksakan sempurna" agar dapat percaya diri, tampil mempesona orang lain. Padahal terbukti, si Pys dengan penampilan standarnya. bisa menjadi sangat atraktif tanpa terlalu mengandalkan daya tarik penampilan fisik (baca:tampan, putih, tinggi, perut six pack). Dari lirik lagu ini ada pesan bahwa ada hal lain yang lebih penting pada diri seorang selain tubuh wanita yang berkontur atau otot pria yang besar.



Arti lagu Gangnam Style dalam Bahasa Indonesia
Dengan bantuan Bing Translator dan sedikit intepretasi pribadi, berikut ini terjemahan bebasn cuplikan lirik lagu Gangnam Style.

"Seorang gadis yang terlihat tenang tapi mampu berperan saat dibutuhkan
Seorang gadis yang menurunkan rambutnya ketika datang waktu yang tepat
Seorang gadis yang menutup tubuhnya tapi lebih seksi daripada seorang gadis minim pakaian
Gadis semacam itu"

"Saya seorang pria
Seorang pria yang tampak tenang tapi mampu berguna saat dibutuhkan
Seorang pria yang akan benar-benar gila luar biasa pada waktu yang tepat
Seorang pria yang mengutamakan otak daripada otot yang besar
Pria semacam itu"

Lagu ini memang membawa sebuah "pesan" lebih, lagu yang bukan hanya rangkaian nada dengan koreografi gerakan yang menarik. Lagu ini membawa pesan bagi para wanita, bagi para pria dan juga seluruh dunia agar tidak melulu dan secara keterlaluan memuja penampilan fisik superfisial.
Ini menurut "penafsiran" saya. Gak peduli kalau ternyata berbeda dengan maksud pencipta lagunya hehe.... Kalau menurut Anda?

1 komentar: