Laman

Senin, Desember 12, 2011

Catatan Ekspedisi Nostalgia Waduk Sermo 12-12-2011


Waduk Sermo? Mungkin hanya sedikit orang yang tahu. Tapi diriku inget betul menjadi saksi proses pembangunannya sejak masa kecil sampe udah kumisan gini. Masih inget memori saat SD jalan kaki 6 kilo sembari mampir di pabrik Minyak Kayu Putih. Terus saat SMP, nekat dengan teman ber-4 naik sepeda ngos-ngosan menuju Waduk yang belum jadi ntu. Tahun 1996 nonton serunya peresmian waduk oleh Pak Harto (presiden kita waktu itu) tapi lewat tipi hehe. Pada penghujung tahun 2011 ini, akhirnya saya sempet melakukan ekspedisi seri nostalgia ke Waduk tercinta. Berikut laporannya, original dari TKP:



Uang Masuk Rp. 2000/orang plus kalo motor Rp. 1000
Sebagai satu-satunya waduk di Yogyakarta yang eksotik dan alami, biaya masuk cukup murah bukan? Yep, di dalem ada warung kalo laper and bisa beli buah juga. But karena ekspeditor (saya maksudnya-red) sudah makan di rumah, jadi tidak perlu mampir (ngirit.com)

Bagi penjelajah sejati bisa mengitari jalan aspal yang tepat memutari waduk
Bisa jalan or naik motor. View-nya wuiih bervariasi, tapi kalo sendirian riskan bosen soalnya nggak nyampe-nyampe. Bener-bener ketipu, perasaan cuma segitu eh ternyata banyak teluk dan semenanjung tersembunyi (err istilahnya apa ya? yah semacam itulah). Saat itu, saya yang naik motor aja sampe sekitar 45-an menit baru bisa 1 putaran. Jalannya mlungker-mlungker naik turun gitu, hemm jadi bayangin kalo jadi lap motor GP gimana ya... pada mabok kali, ato plung-plung kecemplung wkwkw..



View terbaik adalah bagian tertinggi, contohnya kantor kepala desanya
Bener lho, jangan puas di satu tempat. Berkelilinglah dan cari tempat tertinggi. Terutama bagi penggemar Dora The Explorer ma sepupunya ntu (?). Good bgt buat foto-foto. Btw bisa juga turun ke tempat terendah (pinggir waduk, bukannya nyelem lho) tapi hal ini tidak dilakukan ekspeditor karena males... (aka takut pilek sama digigit ikan).




Aktivitas yang bisa dilakukan sangat bervariasi
Bisa mancing, naik kapal, beli rambutan ato duren, foto-foto, kemah. Ato ngalamun sambil lempar-lempar kulit rambutan ke tengah waduk (wah jangan ditiru, ngotorin aja!). Kabarnya kalo lemparan kulit rambutan sampe ke pulo di tengah waduk, maka akan dapat kekuatan rahasia kamehameha....haalah malah ngarang dotcom hehe...


Rekomendasi sang Ekspeditor
Potensinya alamnya bagus, alami, ijo tapi kok auranya serasa garing dan panas ya (lupa bawa payung sama akua T.T... payung?). Sepertinya masih bisa dioptimalkan mengelolanya. Saran termuthakir dan sohih adalah: 1)Wisata kuliner ditonjolkan, yang khas apa gitu, bakso lele, soto rambutan, lontong kelapa ato dawet duren, 2) Fasilitas seperti peta, rute jelajah etc dilengkapi biar ga ada yang kelewatlah, 3) Sarana bermain buat anak-anak kayak ayunan, prosotan biar bisa nostalgia masa kecil, 4) Sekarang kan lagi trend wahana air, mengapa tidak mbuat waterjebur aja (hehe kyknya belum waktunya ya), 5) Kan ada suaka margasatwa tuh, mbok disebar monyet atau kelinci gitu biar bisa diberi makan ato.... kalo kepepet laper bisa dijadikan makanan (sate?), 6) Hiburan jangan insidental, tapi rutin dan khas gituh, seperti dangdutan tengah malam tiap tanggal 15 bulan purnama (ngapain coba?), 7) dokumentasi mitos yang ada dan kalo bisa dikembangkan, kan orang tu seneng kalo berkunjung ke suatu tempat yang ada "ceritanya". Biar ada "soul"-nya gitu (contoh bagus adalah Lutung Kasarung-nya goa Jati Jajar di Kebumen). Etc etc...



Yang nyasar baca, kalo butuh info (sangat mungkin) lebih valid, bisa klik link di bawah ya :D. Akhir kata, minta doa restunya, semoga di ekspedisi lanjutan sudah tidak sendiri lagi (feel lonely bgt saat ntu T.T)

http://www.jogjatrip.com/id/537/waduk-sermo
http://thehowdyindonesia.blogspot.com/2011/11/ayo-wisata-ke-waduk-sermo.html


2 komentar:

  1. wah kelihatannya seru banget dah,
    jadi penasaran ama tempat ini da suasanya juga

    BalasHapus
  2. iya lumayan seru dan bagus untuk foto2
    smoga ketika anda berkunjung kondisinya dah tambah bagus dari sekarang ya :D

    BalasHapus