Laman

Kamis, Maret 22, 2012

Tomcat menyebabkan Herpes?

Tomcat nama populer dari rove beetle (Atheta coriara), belakangan ini membuat heboh dengan berita penyerangan di beberapa kota di Indonesia. Padahal, di rumah dan di kos udah beberapa kali menjumpai hewan ini dan tidak terjadi kerusakan berarti, maksudnya ndak gatal-gatal ato apa gitu. Pemberitaan media kadang bikin yang biasa jadi bombastis ya. Walhasil ikut-ikutan latah mencari tau tentang si Tomcat :D



Tomcat bukan penyebab Herpes
Tomcat dapat menimbulkan gatal, kemerahan dan rasa panas (terbakar) pada kulit, kadang disertai vesikel (gelembung kecil) berisi cairan. Nah ujud kelainan kulit inilah yang mirip seperti gejala penyakit herpes. Tetapi yang perlu digarisbawahi, Tomcat BUKAN PENYEBAB penyakit herpes walaupun gejala awal memang MIRIP penyakit herpes. Gangguan kulit oleh Tomcat akibat dari toksin Pederin yang iritatif mengenai kulit manusia sehingga terjadi dermatitis akut (kemerahan/meradang). Sedangkan, penyebab penyakit herpes adalah virus Herpes Simplex (HSV) atau Varicella-Zooster, dan hewan Tomcat bukan pembawa virus tersebut.



Gangguan Kulit karena Tomcat dan Herpes beda obatnya
Karena gangguan kulit disebabkan oleh toksin iritan maka obat yang secara umum diberikan adalah antihistamin (antigatal) dan atau kortikosteroid topikal (antiradang). Baru kalau ada infeksi bakteri sekunder yang menyertainya diberikan antibiotik topikal. Biasanya sih ada sediaan obat oles yang berisi gabungan kortikosteroid dan antibiotik topikal. Kalau Herpes karena penyebabnya virus yang diberikan ya antivirus seperti acyclovir. Bila periksa ke dokter mungkin dokter akan memberikan obat-obat lain sesuai keparahan penyakit.



sumber: link

5 komentar:

  1. Sebenarnya di surabaya sendiri tomcat memang sudah ada dari dulu dan masyarakat pun sudah terbiasa dengan tomcat, anehnya, yg bikin isu tomcat jd besar siapa? Pemerintah kah ? Atau mungkin media yg memberitakan berlebihan sehingga seperti ada pengalihan isu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, media memang berperan besar "menyetir" isu utama. Bisa suatu berita memang timbul secara alami. Yang gawat kalau ternyata "dibesar-besarkan" dengan kesengajaan dan niatan tertentu. Siapa yang bisa "menguasai" media dialah yang menguasai opini rakyat...

      Hapus
  2. dah da desinfektan blm buat wabah tomket..? pa ya namanya

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Karena ini adalah serangga, ya membasminya dengan insectisida. Untuk yang di dalam rumah dengan Bayg*n atau H*t sepertinya juga bisa... (plus kecoa, nyamuk, lalat dan serangga lain)

      Hapus